Kamis, 13 Oktober 2011

Komunikasi dan Dunia Kerja

Kegiatan  pada hari ini adalah pembahasan tentang pentingnya komunikasi dan pengertian dunia kerja yang akan kita hadapi dimasa depan berikut sedikit review dari saya.


Komunikasi adalah proses kegiatan penyampaian warta/berita/informasi yang mengandung arti dari satu pihak kepada pihak lain dalam usaha mendapatkan saling pengertian. Dengan demikian komunikasi merupakan proses penyampaian berita (message) dari seseorang (komunikator) kepada orang lain (komunikan) sehingga terjalin suatu pengertian. Komunikasi ada di mana-mana, di rumah, di kampus, di sekolah, di kantor dan masih banyak lagi. Komunikasi menyentuh segala aspek kehidupan kita. Komunikasi menentukan kualitas hidup kita.
komunikasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena dengan komunikasi kita akan mengerti dan saling memahami satu sama lain.
komunikasi sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. Contoh sederhana dalam kehidupan sehari – hari mahasiswa ialah seperti hubungan dosen dengan anak didiknya. Dengan adanya komunikasi, maka kegiatan belajar- mengajar akan berlangsung dengan baik dan lancar.
Dunia Kerja
Setiap orang tentunya ingin mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan yang diinginkan. Namun banyak pencari kerja yang tidak mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja yang amat berbeda dengan sewaktu mereka di bangku sekolah atau kuliah. Hal ini mengakibatkan pencari kerja tidak tahu apa yang seharusnya mereka lakukan pada saat berkompetisi untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Bahkan, pada saat mereka telah lulus pun juga belum mengetahui apa yang harus mereka lakukan. Agar sukses memasuki dunia kerja kita harus mempersiapkan terlebih dahulu apa-apa yang mesti mereka persiapkan. Pekerjaaan apa yang saya
inginkan? Pertanyaan ini yang pertama-tama harus kita pikirkan jauh-jauh hari bahkan ketika kita masih di bangku kuliah/sekolah. Hal ini amat penting agar kita dapat menata langkah-langkah berikutnya. Cita-cita yang kita sandang itu disesuaikan dengan kemampuan kita, baik daya intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) yang kita miliki, kemampuan ekonomi, dan kemampuan-kemampuan lain yang mendukung cita-cita tersebut.
Langkah apa yang harus dilakukan? Jika kita sudah menetapkan apa yang saya inginkan, maka kita dapat merencanakan langkah apa yang sebaiknya saya lakukan. Biasanya pada tahap ini kita memerlukan saran dan pertimbangan para senior kita yang telah berpengalaman bekerja dan sukses meraih cita-cita.
Cara memasuki dunia usaha Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk memulai suatu usaha atau memasuki dunia usaha yaitu: 1. Merintis usaha baru, yaitu
membentuk dan
mendirikan usaha baru
dengan menggunakan
modal, ide, organisasi dan
manajemen yang dirancang sendiri. Ada tiga
bentuk usaha baru yang
dapat dirintis: (a)
perusahaan milik sendiri,
(b) persekutuan, dan (c)
perusahaan berbadan hokum. 2. Membeli perusahaan orang
lain. 3. Kerjasama manajemen.
Uraian singkat ini semoga dapat sedikit memotivasi anda untuk segera –jika belum ada – menentukan cita-cita, menentukan langkah-langkah dan mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar