Minggu, 17 Agustus 2014

Proyek Sistem Informasi

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA PT. GARUDA
FOOD PUTRA PUTRI JAYA
GRESIK

NIM               :  11390100023
Nama             : Erfan Winarno
Mata kuliah : Proyek Sistem Informasi
Dosen            : Titik Lusiani, M.Kom, OCA
Blog               : http://blog.stikom.edu/lusiani



ABSTRAK
Sistem Informasi Perpustakaan adalah sebuah sistem yang digunakan untuk memasukkan data-data koleksi buku ke dalam database, sehinggga tidak terjadi kesalahan dalam input, output data dan pembuatan laporan berdasarkan data yang diinginkan.



KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas berkat dan rahmat-Nya-lah, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Proyek Sistem Informasi dengan judul Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Pada PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik  ini dengan baik dan lancar.



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi Informatika (IT) hampir semua menggunakan bantuan komputer dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi tenaga dan waktu. Hal ini disebabkan karena penerapan IT bersifat fleksibel yang digunakan untuk meningkatkan suatu hasil atau mencapai tujuan dari para penggunanya

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan yang ada sebagai berikut:
Bagaimana merancang bangun sistem informasi perpustakaan secara efektif yang dapat digunakan oleh petugas/bagian perpustakaan PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik dalam melakukan transaksi peminjaman, pengadaan koleksi buku dan membuat suatu laporan dari transaksi-transaksi yang ada secara terkomputerisasi.

1.3 Batasan Masalah
Batasan masalah yang ada dalam Sistem Informasi ini agar terfokus pada inti permasalahan sehingga tidak meluas dan jelas pembahasannya adalah Sistem informasi yang dibangun disesuaikan dengan peraturan dan tata tertib yang berlaku di PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik.

1.4 Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah Merancang bangun sistem informasi perpustakaan yang dapat mendukung sistem yang sudah diterapkan pada PT Garudafood Putra Putri Jaya 

1.5 Manfaat
Manfaat yang diharapkan dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Pada PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik ini Bagi Petugas Untuk memudahkan dalam mengelola data koleksi buku dan menganalisa semua data perpustakaan serta mengurangi pencatatan secara manual

1.6 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan laporan proyek sistem informasi digunakan untuk menjelaskan penulisan laporan yang terdiri dari beberapa sub bab untuk memberikan gambaran secara menyeluruh terhadap permasalahan yang sedang dibahas




BAB II 
HASIL SURVEY

2.1 Gambaran Umum PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik
GarudaFood Group berawal dari PT Tudung, didirikan di Pati, Jawa Tengah, pada 1958 dan bergerak di bisnis tepung tapioka. Pada 1979 PT Tudung berganti nama menjadi PT Tudung Putrajaya (TPJ). Pendiri perusahaan adalah mendiang Darmo Putro, mantan pejuang yang memilih menekuni dunia usaha setelah bangsa Indonesia merdeka.

2.2 Visi dan Misi PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik
PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik memiliki visi dan misi untuk menjalankan fungsinya

2.3 Struktur Organisasi PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik
PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik dipimpin oleh seorang Kepala Perusahaan. Kepala Perusahaan membawahi satu sub bagian dan sub-sub kepala bagian yaitu Sub PPIC, Sub Quantity Assurance, Sub Production Department Head, Sub Technic Department Head, Sub PDCA, Sub EPRD Department Head dan Formula Department Head. 

2.4 Deskripsi Tugas
Berdasarkan struktur organisasi dapat di deskripsikan tugas yang dimiliki oleh setiap bagian yang bersangkutan 

2.5 Analisis Sistem Yang Sedang Berjalan
Document flow memuat hasil analisis yang dibuat berdasarkan hasil survei ke PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik. Document flow menggambarkan seluruh proses yang berhubungan dalam kegiatan pengelolaan peminjaman dan pengembalian koleksi sebelum menggunakan sistem informasi perpustakaan.




BAB III 
LANDASAN TEORI

Landasan teori merupakan bagian yang akan membahas tentang uraian pemecahan masalah yang akan ditemukan pemecahannya melalui pembahasan-pembahasan secara teoritis. Teori-teori yang akan dikemukakan merupakan dasar-dasar untuk meneliti masalah – masalah yang akan dihadapi pada penyelesaian permasalahan

3.1 Sistem 
Sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.(Kristanto, 2008:1)

3.2 Informasi
Informasi adalah kumpulan data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerima. (Kristanto, 2008:7)

3.3 Sistem Informasi
Sistem informasi merupakan komponen yang saling bekerja sama untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, pengendalian, analisis masalah dan visualisasi dalam sebuah organisasi. (Laudon, 2010:46)

3.4 Perpustakaan
Menurut Qalyubi (2007:287), Perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan koleksi bahan pustaka atau terbitan lainnya yang biasa disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual.

3.5 Analisis Sistem
Menurut Jogiyanto (1990:129) analisis sistem dapat didefinisikan sebagai penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya. Tahap analisis dilakukan setelah tahap perencanaan sistem dan sebelum tahap desain sistem.

3.6 Desain Sistem
Setelah tahap analisis sistem selesai dilakukan, maka analis sistem telah mendapatkan gambaran yang jelas apa yang harus dikerjakan. Kemudian memikirkan bagaimana membentuk sistem tersebut

3.7 Database
Basis data (Database) adalah himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah. (Fathansyah 2012:2).




BAB IV 
ANALISIS DAN DESAIN SISTEM

4.1 Analisis Sistem
Dalam pengembangan sistem informasi dibutuhkan analisis  dan perancangan sistem pengolah data. Sistem pengolah data tersebut diharapkan mampu mempengaruhi kinerja dari sumber daya manusia khususnya untuk meningkatkan efisiensi waktu serta mempermudah proses-proses yang terkait dalam sistem.

4.2 Desain Sistem
Perancangan sistem ini dimaksudkan untuk membantu memecahkan masalah pada sistem yang sedang berjalan dan merupakan suatu sistem yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Rancangan yang baik harus melalui beberapa tahap-tahap perancangan mulai dari System Flow, Context Diagram, Hierarchy Input Proses Output (HIPO), ERD, DFD, Conceptual Data Model (CDM), Phisical data Model (PDM), dan desain input outputnya.


BAB V 
IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

5.1 Sistem Yang Digunakan
Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan program Sistem Informasi Perpustakaan Pada PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik, 

5.2 Cara Setup Program
Ketika pertama kali akan  menggunakan aplikasi ini, terlebih dahulu user harus menginstalasi aplikasi  terlebih dahulu  user  harus  menginstal dari  aplikasi  ini  supaya  bisa  digunakan.

5.3 Penjelasan Pemakaian Program
Dalam bab ini juga akan dijelaskan tentang hasil dari program yang telah dibuat beserta cara penggunaanya. 




BAB VI
PENUTUP

6.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dari pembuatan sistem informasi perpustakaan pada PT. Garudafood Putra Putri Jaya adalah Penelitian ini dalam rangka meningkatkan kinerja dan efisiensi perusahaan terutama pada bagian perpustakaan.

6.2 Saran
Berdasarkan penjelasan tentang sistem informasi yang telah dibuat, dapat diberikan saran untuk pengembangan sistem ini adalah Sistem dapat dikembangkan menjadi lebih kompleks lagi dengan menambahkan fitur lain, seperti sms gateway untuk memberikan pemberitahuan peminjaman koleksi.




DAFTAR PUSTAKA

Basuki, Sulistyo. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Fathansyah. (2012). Basis Data Informatika : Bandung.

Istijanto. (2008). Riset Sumber Daya Manusia PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Jogiyanto, HM. (1990). Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta.

Kristanto, Andri. (2008). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Gava Media: Yogyakarta.

Laudon, Kenneth C., Laudon, Jane P. (2010). Management Information Systems (11th Edition). New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Mulyanto, Agus. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

W.Wilkinson, Joseph. (1993). Sistem Akunting dan Informasi, Alih bahasa Agus Maulana.Edisi ketiga jilid satu. Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar